SISKOMDIG - Meringkas LKS Halaman 21-26
1. Menggunakan microsoft office word 2
Microsoft office word adalah aplikasi pengolah data atau word processor merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dan berkaitan dengan dokumen. Kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti tahapan, membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting ataupun mencetak dokum
Aplikasi pengolah kata memiliki beragam jenis, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Microsof word adalah aplikasi berbayar di bawah lisensi Microsof
Aplikasi microsoft word memiliki beragam versi. Pada dasar nya setiap versi memiliki fungsi yang sama yaitu mengolah kata, perbedaan nya hanya pada fitur fitur yang ditambahkan di versi terbaru. Cara menggunakan Ms. Word 2007 cukup mudah dengan cara klik Start > All program > Microsoft office > Microsoft office word 200
2. Fitur - Fitur Microsoft office word 2
Microsof office word dilengkapi beragam fitur. Bokut macam macam fitur beserta penjelasan ny
Office Button : Tombol yang digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokum
Quick Access Toolbar; toolbar yang berisi ikon ikon perintah yang sering digunak
Title Bar : Baris judul dari dokumen yang sedang akt
Control Button: Tombol untuk mengendalikan jendela aplikasi Ms.word . Ada tiga macam tombol yaitu, Maximize untuk memperbesar layar jendela sampai penuh , Minimize untuk Memperkecil jendela , Close untuk menutup jendel
Menu Bar :Merupakan bagian tabulasi menu yang berisikan sederetan grup/kelompok ikon yang otomatis akan muncul menyesuaikan dengan yang dikerjak
Grup : Bagian dari tab menu yang berisi ikon ikon pengerjaan pproga
Help Button ; Tombol untuk menampilkan jendela bantuan tentang penggunaan Ms.Word 20
Tombol Kotak Dialog: Tombol yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog lanjuta
Ruler : Merupakan bagian untuk mengatur ukuran lembar kerja serta identasi paragraf. ruler dibagi menjadi dua yaitu, horizontal ruler dan vertical rul
Lembar Kerja : Tempat untuk mengetik dan mengolah dokume
Scroll Bar : Bagian yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja , ada dua macam yaitu , scroll bar horizontal dan scroll bar vertica
Status Bar : Bagian yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif
View Toolbar : Bagian yang berisi tombol tombol untuk mengstur lembar ker
Zoom Control : merupakan bagian yanng berisi panel untuk mengatur ukuran tampilan lembar ker
3. Mengolah data di Ms.Word 20
A. Membuat dokumen baru
Klik ikon new pada quick access toolba
Maka,akan muncul jendela new docume
Klik blank document , Kemudian pilih tombol create. Maka, lembar kerja dokumen yang baru akan munc
B. Menyimpan Dokum
Klik office button pada jendela Ms Word , pilih menu save
Maka akan muncul kotak dialog save
pada bagian save in pilih drive atau folder yang diinginka
ketik nama file pada bagian file nam
klik tombo sa
C. membuka Dokume
Menggunakan menu open yang terdapat pada office butt
lalu cari FIle yang ingin dibu
Tekan tombol Open setelah memilih fi
D. Menyalin Dokum
Lakukan blok atau seleksi pada paragraf
Pada grup clipboard , klik ikon cop
pilih lembar kerja, Pindahkan kursor ke tempat salinan diletak
Klik ikon paste pada grup clipboar
E. Memindah Dokum
Lakukan Blok atau seleksi pada teks atau objek yang ingin dipindahka
Klik ikon cut pada grup clipboa
Pilih lembar kerja , Pindahkan kursor ke tempat salinan diletakka
Klik ikon paste pada grup clipboa
F. Mencetak Dokumen
Tekan office button pada jendela Ms Word 2007, kemudian pilih Pri
Maka , Akan muncul jendela pri
Lalu tekan ok , apabila sudah siap di prin
G .Mengatur Batas Margin Halam
margin adalah jarak antara teks atau batas pengetikan dan tepi kertas.Untuk mengatur margin halaman biisa menggunakan ruler atau ikon marging yang terdapat pada tab menu page layou
Aktifkan dokumen yang akan diatur batas margin n
pada tab Page layout - grup Page setup - klik ikon Margin
Pilih salah satu ukuran margin yang diingink
Apabila ingin mengatur batas margin lebih lanjut , klik pada pillihan Custom Margins sehingga muncul jendela Page setu
Atur batas margin sesuai dengan yang diinginka
Setelah selesai, klik tombol
4.Memformat Dokumen Ms Word 20
a. Pengaturan t
Jika ingin mengatur teks pada paragraft menggunakan cara berik
Lakukan seleksi pada teks yang akan di form
Klik pada salah satu ikon yng terdapat pada tab menu Home - grup Fo
b. Pengaturan paragra
1) Indentesi paragr
Indentesi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraft .Untuk mengatur indentesi paragraft salah satu nya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja.ruler. Berikut adalah bagian bagian dari rul
- first Line Indent, untuk mengatur posisi awal huruf pertama pada paragraft ba
- Hanging Indent, untuk mengatur paragraft gantung atau indentasi baris berikutn
- Left Indent, untuk mengatur batas kiri paragra
- Right Indent, untuk mengatur batas kanan paragra
Cara melakukan Indentasi paragraf menggunakan ruler adalah sebagai ber
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur indentasin
b) Pada bagian ruler lakukan klik, tahan , dan geser pada bagian First Line Indent,Left Indent, Hanging Indnet atau Right Inde
2) Mengatur Perataan Paragr
Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti berik
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang inging diatur perataann
b) Pada tab Home - grup Paragraph - klik salah satu ikon perataan ,yaitu Align Text Left,Center Alight Text Right , atau Justif
3) Mengatur jarak spas
Untuk Mengatur jarak spasi menggunakan cara seperti berik
a) lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur jarak spasi n
b) Pada tab menu Home - grup Paragraph - klik ikon Line spacin
c) lalu pilih jarak yang diingin k
4) Membuat Penomoran Otomati
Ms Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka ataupun gambar secara otomatis menggunakan format bullets dan numbering. Untuk membuat penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berik
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomor
b) Pada tab menu Home - grup Paragraf - klik pada ikon numbering apabila menggunakan angka , klik pada ikon bullets apabila menggunakan huruf atau bula
c) Pilih salah satu jenis lalu tekan
5) Membuat Header dan Foo
Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas(top) halaman , sedangkan Footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian bawah margin (bottom) halaman. Header dan Footer bisa diisi dengan teks,gambar,tabel,nomor halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat Header adalah sebagai berik
a) Buka dokumen yanng akan diberi Head
b) Pada tab menu Insert - grup Header & Footer - klik ikon Heade
c) Pilih salah satu layout header yang diinginka
d) Klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diingink
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer
Untuk membuat Footer caranya adalah sebagai beriku
a) Buka dokumen yang akan diberi foot
b) pada tab menu Insert - grup Header & Footer - klik ikon Foote
c) Pilih salah satu layout footer yang diingink
d.)klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diingink
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footerananr.ert: .ann.r.erutterokt.anuts ang yauti y.yautafntyaikutftftyarueraftt ntatuteks07okn p ans.yat.ant ntnt rdn rdn end any t enlekaonn vee n asasenulntr
c) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan
d.)klik pada bagian Type Text dan ketik teks sesuai yang diinginkan
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header & Footer
Komentar
Posting Komentar