SISKOMDIG - Resume Lks Halaman 21-26
1. Menggunakan Microsoft office word 2007
Aplikasi pengolah kata atau word processor merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah Kata dan berkaitan dengan dokumen. Kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi pengolah kata, seperti tahapan membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting, ataupun mencetak dokumen.
Microsoft word merupakan aplikasi berbayar dibawah lisensi Microsoft. Biasanya saat anda menginstal aplikasi Microsoft word, anda juga dapat secara otomatis menginstal aplikasi perkantoran lain, seperti Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint.
Cara menggunakan Microsoft word 2007 cukup mudah. Untuk mengaktifkannya dengan cara klik menu start->All Programs->Microsoft office->Microsoft office word 2007.
Apabila telah selesai menggunakannya, anda dapat dengan mudah menutupnya dengan cara berikut.
a. Simpan lembar kerja yang sudah dibuat
b. Tutup progam dengan cara pilih salah satu langkah berikut.
1. Klik Office Button-> pilih Close.
2. Tekan kombinasi tombol Alt+F4 pada keyboard.
3. Klik tombol Close pada control button
4. Tunggu proses sampai selesai.
2. Fitur-Fitur Microsoft Office Word 2007
a. Office Button, merupakan tombol yang digunakan menampilkan semua perintah yang berkaitan dengan pengolahan dokumen.
b. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar yang berisi ikon-ikon perintah yang sering digunakan.
c. Title bar, merupakan baris judul dari tipe dokumen yang sedang aktif.
d. Control button, merupakan tombol untuk mengendalikan jendela aplikasi Microsoft word.
e. Menu bar, bagian tabulasi menu yang berisi sederetan grup/kelompok ikon yang otomatis akan muncul dengan sesuatu yang dikerjakan.
f. Help button, merupakan tombol untuk menampilkan jendela bantuan tentang penggunaan Microsoft office word 2007
g. Grup, merupakan bagian dari tab menu yang berisi ikon-ikon perintah pengerjaan program.
h. Tombol kotak dialog, merupakan tombol yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog lanjutan. Saya.
i. Ruler, merupakan bagian untuk mengatúr ukuran lembar kerja serta indentasi paragraf. Penggaris ada dua macam, yaitu penggaris horizontal yang terletak di bagian atas lembar kerja dan penggaris vertikal yang terletak di sebelah kiri lembar kerja, Fungsi penggaris horizontal adalah untuk membuat indentasi, tabulasi, serta mengatur tabel. Adapun penggaris vertikal yang digunakan untuk mengatur lebar baris pada tabel dan margin kertas rendah secara manual.
j. Lembar kerja, merupakan tempat untuk mengetik dan mengolah dokumen. Scroll bar, merupakan bagian yang berfungsi untuk menggeser lembar kerja. Ada dua macam scroll bar, yaitu horizontal scroll bar yang fungsinya untuk menggeser lembar kerja ke kiri atau ke
k. Scroll Bar, kanan dan vertikal yang fungsinya untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
i. Status Bar, merupakan bagian yang berisi informasi tentang halaman yang sedang aktif, seperti jumlah halaman, nomor halaman, jumlah huruf, dan sebagainya.
m. View Toolbar, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan lembar kerja Microsoft Word.
n. Zoom Control, merupakan bagian yang berisi panel untuk mengatur ukuran tampilan lembar kerja.
3. Mengolah Data Di Microsoft Office Word 2007
a. Membuat Dokumen Baru
1) Gunakan perintah shortcut Ctrl+N pada keyboard, atau klik ikon New yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau tekan Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih New.
2) Maka, akan muncul jendela New Document.
3) Pilih Blank document, kemudian tekan tombol Create. Maka, lembar kerja dokumen baru akan muncul.
b. Menyimpan-Dokumen
Apabila sudah selesai menggunakan program Microsoft Office Word 2007 untuk menyimpan file yang sudah dibuat lakukan langkah-langkah berikut.
1) Gunakan perintah shortcut Ctrl+S pada keyboard, atau klik ikon Save vang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau klik Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih Save As.
2) Maka, akan muncul kotak dialog Save As.
3) Pada bagian Save in pilih drive atau folder yang diinginkan.
4) Ketik nama file pada bagian File name.
5) Klik tombol Save.
c. Membuka Dokumen
Apabila sudah pernah membuat file pada Microsoft Office Word 2007 dan ingin membuka kembali file tersebut gunakan salah satu cara berikut.
1) Menggunakan ikon Open yang terdapat pada Quick Access Toolbar.
2) Menggunakan menu Open yang terdapat pada Office Button.
3) Menggunakan perintah shortcut Ctrl+O pada keyboard.
4) Melalui menu My Documents yang bisa diaktifkan melalui klik tombol Start -> pilih My Documents.
5) Melalui fasilitas Windows Explorer yang terdapat pada komputer.
d. Menyalin Dokumen
Untuk menyalin atau menggandakan dokumen pada Microsoft Office Word 2007 gunakan cara berikut.
1) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf.
2) Pada grup Clipboard -> klik ikon Copy atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard.
3) Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan.
4) Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard.
e. Memindahkan Dokumen
Jika ingin memindahkan teks atau objek menggunakan cara berikut.
1) Lakukan blok atau seleksi pada teks dan objek yang akan dipindahkan.
2) Klik ikon Cut yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+X pada keyboard.
3) Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan kursor pada tempat salinan diletakkan.
4) Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard.
f. Mencetak Dokumen
Untuk mencetak dokumen menggunakan cara berikut.
1) Klik ikon Print yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau tekan Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih Print.
2) Maka akan muncul jendela print seperti gambar berikut.
Keterangan :
- Nama : Pilihan jenis printer yang akan digunakan
- All : Untuk mencetak semua halaman pada dokumen
- Current Page : Untuk mencetak halaman yang aktif
- Selection : Untuk mencetak halaman yang diseleksi
- Pages : Untuk mencetak halaman pada posisi tertentu saja
- Number Of Copies : Untuk menentukan jumlah yang akan dicetak
- Print What : Untuk menemukan bagian mana yang dicetak
- Print : Untuk menentukan halaman mana yang akan dicetak, semua halaman, nomer ganjil saja, atau nomer genap saja
g. Mengatur Batas Margin Halaman
Margin adalah jarak antara teks atau batas pengetikan dan tepi Layout. Untuk mengatur batas margin halaman menggunakan kertas. Untuk mengatur margin halaman bisa menggunakan ruler atau ikon Margin yang terdapat pada tab menu Page g. Mengatur Batas Margin Halaman Kertas. Untuk mengatur margin, halaman bisa menggunakan ruler atau ikon Margin vang terdapat pada tab menu Page Layout. Untuk mengatur batas margin halaman menggunakan cara sebagai berikut.
1) Aktifkan dokumen yang akan diatur batas marginnya.
2) Pada tab menu Page Layout-> grup Page Setup klik ikon Margins, akan muncul pilihan seperti gambar di samping.
3) Pilih salah satu ukuran margin vang diinginkan dengan cara klik satu kali menggunakan mouse.
4) Apabila ingin mengatur batas margin lebih lanjut, klik pada pilihan Custom Margins sehingga muncul jendela Page Setup seperti gambar berikut.
5) Atur batas margin sesuai dengan yang diinginkan.
6) Setelah selesai, klik tombol OK.
4. Memformat Dokumen Microsoft Office Word 2007
a. Pengaturan Teks
Jika ingin mengatur teks pada paragraf menggunakan cara berikut.
1) Lakukan seleksi pada teks yang akan diformat.
2) Klik pada salah satu ikon yang terdapat pada tab menu Home —> grup Font.
b. Pengaturan Paragraf
1) Indentasi Paragraf
Indentasi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraf. Untuk mengatur indentasi paragraf salah satunya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja. Berikut adalah bagian-bagian dari ruler.
Cara melakukan indentasi paragraf menggunakan ruler adalah seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur indentasinya.
b) Pada bagian ruler lakukan klik, tahan, dan geser pada bagian First Line Indent, Left Indent, Hanging Indent, atau Right Indent.
2) Mengatur Perataan Paragraf
Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur perataannya.
b) Pada tab Home-> grup Paragraph ->klik salah satu ikon perataan, yaitu Align Text Left, Center, Align Text Right, atau Justify.
c) Berikut adalah contoh pemakaiannya.
3) Mengatur Jarak Spasi
Untuk mengatur jarak spasi'menggunakan cara seperti berikut.
a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur jarak spasinya.
b) Pada tab menu Home → grup Paragraph klik ikon Line spacing sehingga muncul pilihan seperti gambar di samping.
4) Membuat Penomoran Otomatis
Microsoft Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka ataupun gambar secara otomatis menggunakan format Bullets dan Numbering. Untuk membuat penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berikut.
a) Lakukan blok.atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran.
b) Pada tab menu Home → grup Paragraph klik pada ikon Numbering. Maka, akan muncul pilihan format nomor seperti gambar di samping.
5) Membuat Header dan Footer
Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas (top) halaman, sedangkan footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian margin bawah (bottom) halaman. Header dan footer bisa diisi dengan teks, gambar, tabel, nomor halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat header pada dokumen menggunakan cara seperti berikut.
a) Buka dokumen yang akan diberi header.
b) Pada tab menu Insert → grup Header & Footer → klik ikon Header. Maka, akan muncul pilihan seperti gambar di samping.
c) Pilih salah satu layout header yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan seperti gambar di samping.
d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai yang diinginkan.
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer.
Untuk membuat footer caranya sebagai berikut.
a) Buka dokumen yang akan diberi footer.
b) Pada tab menu Insert → grup Header &Footer klik ikon Footer sehingga muncul tampilan pilihan layout footer.
c) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan.
d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai yang diinginkan.
e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer.
Komentar
Posting Komentar